Komponen Desain: Gambar/Image/Ilustrasi

20 04 2009

title-gambar

Pada awalnya, ketika seorang seniman grafis melukiskan ilustrasi dari sebuah peristiwa atau dongeng, mereka mencoba merepresentasikan suatu keadaan secara natural sebagaimana aslinya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi maka kini orang lebih suka merekam kejadian melalui kamera foto atau video. tidak lagi melalui goresan pena yang biasa dikenal sebagai fine art.

Ilustrasi menurut definisinya adalah seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberi penjelasan atas suatu maksud dan tujuan secara visual. Ilustrasi secara harafiah berarti gambar yang dipergunakan untuk menerangkan atau mengisi sesuatu. Dalam desain grafis, ilustrasi merupkan subjek tersendiri yang memiliki alur sejarah serta perkembangan yang spesifik atas jenis kegiatan seni tertentu.

ilustrasi dapat dipergunakan untuk menampilkan banyak hal serta berfungsi antara lain :

  • memberi gambaran tokoh atau karakter dalam suatu cerita,
  • menampilkan beberapa contoh item yang diterangkan dalam suatu tulisan tertentu.
  • menvisualisasikan langkah demi langkah pada sebuah instruksi atau prosedur atau model tertentu.
  • atau sekedar membuat pembaca tersenyum bahkan tertawa.

Untuk menciptakan suatu ilustrasiĀ pada desain grafis dapat melalui cara-cara berikut:

  • Manual/ Hand Drawing/ Gambar Tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lainnya. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lainnya. Untuk memindahkan ke dalam format digital perlu alat seperti Scanner atau Foto Digital.
  • Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vector (Coreldraw) atau bitmap (Adobe Photoshop). Format vector yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format Bitmap terdiri dari pixel-pixel, sangat cocok untuk foto.

Menggambar Ilustrasi dengan Computer Graphic

Pada saat teknologi komputer sudah populer, goresan ilustrasi berwarna yang terutama dibuat dengan pena dan tinta hitam maupun cat air, kini digantikan dengan program-program gambar seperti Corel Draw, Ilustrator, Canvas, maupun free Hand.

Salah satu teknik yang banyak digunakan oleh para ilustrator adalah pembuatan skets di atas kertas menggunakan pensil, yng kemudian dibuat outline bentuknya dengan tinta hitam. Skets tersebut kemudian di-scan sehingga menghasilkan image bitmap.

Image hasil scan selanjutnya di-trace untuk mengkonversi dari format bitmap yang terdiri dari titik-titik menjadi vektor. Dari situlah akhirnya hasil tracing dari outline diproses dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada program komputer sehingga diperoleh hasil akhir.

Kemudahan gambar yang diperoleh menggunakan komputer dapat dimodifikasi dan digandakan dengan cepat, bail secara keseluruhan maupun bagian-bagian tertentu sehingga pembuatan efek-efekĀ  yang sama pada saat harus membuat adegan lain dari ilustrasi akan menjadi lebih mudah.


Actions

Information

8 responses

30 04 2009
bhakti prima

bu sudah aku dowload semua mungkin nanti berguna meski aku gak tau makasih atas materinya

5 05 2009
thinktep

sama2..
met belajar

17 10 2009
Kusworo

Blog yang amat cantik, baik penampilannya maupun contennya. Blog ibu dah aku taut di http://smpsemanu3.wordpress.com

1 11 2009
thinktep

Terima kasih pak Kusworo atas tautannya.

18 10 2009
kusworo

Salam kenal Bu. Saya sering membuka-buka blog Ibu. Saya sangat suka dengan tampilan heder dan font Ibu. Sebagai pemula, saya ingin belajar membuat heder yang menarik seperti Ibu. Kalau bersedia, tolong Ibu ajari aku lewat email saya Bu. Terima kasih sebelumnya. Salam

1 11 2009
thinktep

Sederhana saja caranya pak. hanya menggunakan aplikasi photoshop saja. untuk agar bisa menarik, prinsipnya desain yg konsisten pak. itu saja. terima kasih sekali lagi.

19 10 2009
efi

saya minta artikel suara and grafik untuk mata kuliah multimedia lanjut, terimakasih ya…

29 11 2009
MANg Wie

thank for all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: